Home » » Hubungan Kanker Paru Sangat Dekat dengan Kematian

Hubungan Kanker Paru Sangat Dekat dengan Kematian

Written By Kamasirna Land on 6.27.2011 | 13:32

Kanker dikenal sebagai suatu penyakit yang sulit disembuhkan dan bisa menyebabkan kematian. Tapi ternyata kanker paru merupakan jenis kanker yang paling dekat dengan kematian.“Kanker paru prognosisnya paling jelek dan sangat erat kaitannya dengan kematian,” ujar dr Asrul Harsal, SpPD-KHOM dalam acara diskusi forum manajemen kanker dan pembiayaan di Indonesia, di hotel Gran Melia, Jakarta, Rabu (11/5/2011).

dr Asrul menuturkan dari 174.470 orang yang menderita kanker paru, sekitar 162.460 orang meninggal. Sedangkan untuk kanker payudara angka kematiannya sekitar 20 persen, dan untuk kanker colon angka kematiannya sekitar 50 persen.

Berdasarkan data yang ada di Rumah Sakit Dharmais diketahui dari 662 pasien kanker paru, yang bisa bertahan hidup selama 1 tahun sebesar 17,3 persen, sedangkan yang bertahan hingga 3 tahun hanya 3,4 persen.

Pasien kanker paru yang datang ke rumah sakit umumnya sudah dalam stadium lanjut. Hal ini karena gejala yang umum dari kanker paru biasanya disertai batuk. Selain itu penderita dari kanker paru kebanyakan perokok yang mana menganggap batuk adalah hal yang biasa.

“Angka kejadian dari kanker paru yang terjadi di rumah sakit kanker dharmais sekitar 2 persen sudah stadium 3a, 46 persen sudah stadium 3b dan sebesar 52 persen sudah stadium 4,” ungkap dokter yang berpraktik di RSK Dharmais.

dr Asrul mengungkapkan sebagian besar pasien kanker paru berada di usia produktif. Untuk mendiagnosisnya dilakukan pemeriksaan foto rontgen, CT-scan, PET-CT dan dilanjutkan dengan melakukan biopsi.

Diperkirakan setiap 30 detik satu orang meninggal dunia karena kanker paru di dunia, hal ini setara dengan 3.000 orang setiap harinya di seluruh dunia. Meski begitu kanker paru ini bisa disembuhkan jika dapat terdeteksi secara dini. Untuk itu jangan abaikan setiap keluhan apapun yang muncul di tubuh, meskipun keluhan tersebut bersifat kecil atau ringan.

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kamasirna Land-Info - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger